Sabtu, 02 Juni 2012

MANFAAT SENAM LANTAI

YOK BELAJAR !!!!!!!!!
MANFAAT SENAM LANTAI
SENAM LANTAI SEHAT 
The diary’s of session 5



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsakX4e_w837eoKcTo5IJbvNetpYj-LK18DjGh8K7emgq3MKZcCtWub089KI6yI-xbpU5cRkwElVPntM8yEnF2iJpwq1kSt78XDlLUE7TEGM6VOJodXx-PRldKbYf4fgy6roDqekYYPO4/s1600/smileyon.gif 

Tujuan Pembelajaran :

Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat:

1.      Mengetahui manfaat melakukan senam lantai

2.      Menentukan fungsi senam

3.      Menentukan pengertian senam lantai 



E. MANFAAT SENAM LANTAI 

Manfaat senam lantai ini tentunya sangat banyak. Senam lantai dapat membuat tubuh menjadi sehat, otot semakin kuat, tubuh semakin lentur, dan masih banyak lagi. Dengan rutin melakukan senam lantai maka semakin hari tubuh kita akan berkembang dengan proporsional sesuai dengan gerakan yang dilakukan dalam senam lantai.

Senam lantai akan bermanfaat banyak untuk tubuh kita jika dilakukan dengan baik dan benar. Hal itu harus dilakukan karena senam lantai membutuhkan kombinasi gerakan dan keserasian antar anggota tubuh, sekaligus koordinasi otot-otot dan persendian. Jika tidak dilakukan dengan baik dan benar bukan menjadi manfaat, tetapi dapat mengakibatkan cedera.

Oleh karena itu, jika kalian ingin melakukan senam lantai perhatikan cara melakukannya dengan benar, jangan sampai salah dalam gerakan kalian. Bila perlu kalian harus memiliki instruktur senam untuk mengajari kalian cara melakukan macam-macam gerakan senam lantai yang baik dan benar.

Manfaat Senam Lantai

1. Membuat Tubuh Menjadi Lentur

Senam lantai bermanfaat untuk membuat tubuh kita menjadi lebih lentur dari sebelumnya, apalagi kamu adalah orang yang jarang berolahraga. Dengan rutin melakukan senam lantai kamu akan dapat bergerak lebih fleksibel, sehingga kamu akan terhindar dari cedera saat melakukan aktivitas lainnya.Fleksibilitas dalam tubuh dapat memberikan kelincahan dan kecepatan otot-otot dan persendian untuk membantu pergerakan kamu dalam aktivitas selain olahraga. Misalnya seperti saat berjalan, mengangkat barang, memanjat pohon mungkin. Semua hal dapat dilakukan dengan mudah.

2. Menguatkan Tulang

Dalam aktivitas senam lantai, tubuh dilatih untuk menahan beban diri sendiri. Jika dilakukan dengan rutin maka kamu bisa merasakan manfaatnya seperti menguatnya tulang yang kamu miliki, tentunya tulang juga akan semakin sehat.

3. Meningkatkan Kekuatan Otot

Selain tulang yang kuat, otot juga dapat bertambah kekuatannya jika kita rutin melakukan kegiatan senam lantai. Karena senam lantai ini melibatkan seluruh anggota tubuh kita untuk bergerak. Dalam pergerakannya secara tidak langsung membuat otot akan mengenali beban yang didapat dari senam ini. Setelah otot sudah mengenal maka otot lama kelamaan akan menguat dengan sendirinya, otot terbiasa dengan beban yang diterima pada saat senam lantai.

 

4. Melatih Koordinasi Anggota Tubuh

Kegiatan senam lantai membutuhkan kombinasi dan koordinasi dari anggota tubuh untuk dapat melakukan gerakan-gerakan dalam senam lantai. Koordinasi ini berguna agar saat bergerak tidak timbul cedera yang dapat menyakiti diri sendiri. Jika salah satu anggota tubuh kaku maka akan mengakibatkan salah pergerakan dalam persendian dan membuat tubuh menjadi cedera.

Dengan rutin senam lantai, koordinasi anggota tubuh lama kelamaan akan terbentuk dengan sendirinya. Hal tersebut tumbuh bersama gerakan-gerakan baru yang kamu pelajari saat melakukan senam lantai. Seiring berjalannya waktu, tubuhmu akan mengenali pergerakan dan mengurangi risiko cedera saat senam lantai atau kegiatan lainnya.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Senam lantai juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang rutin melakukan kegiatan senam lantai akan terbentuk perlindungan yang kuat secara otomatis. Hal ini akan menurunkan risiko untuk terkena penyakit pada tubuh. Senam lantai secara teratur ini dapat membangun daya tahan tubuh seperti melakukan latihan kardiovaskular.

6. Mencukupi Kebutuhan Olahraga

Senam lantai memiliki manfaat untuk mencukupi kebutuhan olahraga. Olahraga tentunya dibutuhkan untuk siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Menurut The American Heart Association merekomendasikan agar anak-anak berolahraga 60 menit sehari. Sedangkan untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas berolahraga minimal 30 menit sehari sebanyak 5 hari dalam satu minggu.

 

7. Membakar Kalori dalam Tubuh

Melakukan aktivitas fisik di setiap harinya dapat membuat kalori dalam tubuh terbakar. Apalagi melakukan senam lantai secara rutin, kalori yang terbakar juga akan semakin banyak. Kalori dalam tubuh terbakar karena ketika melakukan senam lantai, kita melibatkan beberapa anggota tubuh seperti otot-otot lengan, kaki, punggung, baju, perut, dan paha untuk melakukan senam.

8. Meningkatkan Perilaku Disiplin dalam Diri

Dalam berolahraga pastinya membutuhkan kedisiplinan yang tinggi agar tubuh menjadi ideal dan sehat. Senam lantai juga membutuhkan konsentrasi dan disiplin yang tinggi. Apalagi senam lantai memiliki banyak gerakan yang susah, setiap orang yang belajar harus berkonsentrasi penuh dan disiplin dalam latihan agar semakin mudah melakukannya.

9. Mengatasi Depresi

Depresi membuat seseorang menyendiri dan bahkan dapat melampiaskannya dengan menyakiti diri sendiri. Orang yang depresi seharusnya pergi ke psikolog dan melakukan terapi yang dapat menenangkan pikiran. Dalam hal ini senam lantai bisa mengatasinya.

10. Meningkatkan Sosialisasi

Bagi pemula yang belum bisa melakukan senam lantai sendiri biasanya mereka bergabung dengan grup yang mengadakan senam lantai. Grup tersebut dipimpin oleh instruktur senam yang andal dan dapat melatih para pemula dalam kegiatan senam lantai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar