Senin, 25 Juni 2012

MACAM-MACAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI


YOK BELAJAR !!!!!!!!!
BATALYON SENAM  SEHAT 
SENAM LANTAI
The study's of session 3

Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran selesai siswa dapat:
1.     Mepraktekkan Guling Depan Kaki di Tekuk
2.     Mepraktekkan Guling Depan Kaki Lurus
3.    Mepraktekkan Guling Depan Kaki Split Ke Kiri Dan Kanan
4.   Mepraktekkan Guling Lenting
5.      Menjelaskan Kesalahan Gerak Guling Depan pada Umummya

-->

MACAM-MACAM TEKNIK DASAR SENAM LANTAI

 

A. Guling Depan (forward roll) 

Pengertian guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. guling ke depan kaki ditekuk

2. guling ke depan kaki lurus.

3. guling depan kaki split ke kiri dan kanan

Gerakan guling depan sangat mudah dilakukan dan juga mengasyikan tapi dibalik itu semua jika dilakukan tanpa teknik yang benar maka akan membahayakan keselamatan kita. Sebelum melakukan gerakan inti sebaiknya melakukan pemanasan dan pelemasan terlebih dahulu, ini untuk mengantisipasi terjadinya cidera. Bukan hanya olahraga guling saja yang menganjurkan pemanasan sebelum kegiatan inti tapi semua cabang olah raga juga wajib melakukan pemanasan. Keuntungan pemanasan sebelum olah raga adalah siapnya otot ketika sudah melakukan kegiatan inti, agar otot tidak kaku, detak  jantung stabil, meningkatkan suhu tubuh, mencegah resiko cidera, dan agar lebih percaya diri.

1. Guling Depan Kaki di Tekuk

Gerakan guling depan dengan kedua kaki ditekuk



a. Kedua tangan menumpu di matras selebar bahu dan tengkuk diletakkan di atas matras. Gerakan selanjutnya adalah mendorong tubuh mengguling ke depan. 

 

b. Pada saat mengguling ini, badan usahakan membentuk bulatan dengan cara mendekatkan kedua paha ke dada. Bagi pemula pegang kedua lutut agar badan tetap membentuk bulatan dan memudahkan untuk mengguling. 

c. Gerakan akhir, badan berada pada posisi jongkok dengan kedua kaki tetap dipegang oleh kedua tangan. Sedangkan bagi yang sudah menguasai, memegang lutut kedua kaki bukanlah keharusan. Strategi yang perlu dilakukan oleh pemula adalah ketika melakukan guling depan kaki ditekuk ini adalah pada saat gerak awalan mengguling merupakan moment gaya ke depan yang harus dimanfaatkan. Tujuan dari pemanfaatan moment gaya ke depan ini agar mampu memberikan dorongan badan kita sehingga akan memudahkan mengguling dengan baik. 

2. Guling Depan Kaki Lurus

Gerakan guling ke depan dengan kaki lurus.

 

 


a. Di awali dengan posisi badan berdiri siap kedua tangan di atas, siap melakukan tumpuan kedua tangan selebar bahu. Masukkan tengkuk kedalam dan kedua kaki tetap dalam keadaan lurus. Lakukan dorongan ke depan agar badan siap mengguling. 

b. Pada saat posisi mengguling, kedua kaki tetap dibiarkan lurus sampai menyentuh matras dengan kedua tangan berada di samping paha luar dan siap menumpu untuk membantu memberikan dorongan secara eksplosif agar  tubuh mudah terangkat dan berdiri.

c. Selanjutnya berdiri tegak seperti biasa dengan kedua tangan mengangkat di atas dan siap melakukan gerakan selanjutnya. Gerakan guling ke depan kaki lurus ini, memiliki tingkat kesulitan yang cukup. Oleh sebab itu diperlukan kemampuan melakukan analisis gerak yang cukup mendalam agar mampu melakukan guling depan kaki lurus dengan baik. 

a. Pertama, ketika melakukan gulingan, maka badan dan kedua kaki harus tetap dalam kondisi merapat. 

b. Kedua, manfaatkan moment gaya ke depan untuk membantu dorongan, dan dari hasil gaya itu akan memudahkan badan untuk berdiri. 

c. Disaat itu kedua tangan menumpu di matras ikut membantu memberikan dorongan badan mudah untuk berdiri. 

d. Condongkan badan ke depan untuk membantu agar titik keseimbangan berat badan bergeser ke arah depan.  Variasi lain dari guling ke depan kaki lurus ini adalah melakukan guling depan dengan awalan kaki lurus kemudian di akhiri dengan kedua kaki di tekuk.Gerakan ini lebih mudah dibandingkan dengan guling depan awalan kaki lurus akhiran juga kaki lurus.

 

3. Guling Depan Kaki Split Ke Kiri Dan Kanan

Gerakan guling depan dengan kedua kaki split ke samping kiri dan kanan.

a. Posisi awal dapat dilakukan dengan posisi berdiri maupun jongkok, lalu melakukan gerakan guling depan seperti biasa. 

 

 


b. Di saat gerakan guling depan terjadi, kedua kaki di buka lurus ke kiri dan kanan dan posisi kedua tangan berada di antara paha dengan tujuan membantu mendorong tubuh agar dapat terangkat sampai posisi dapat guling ke depan kembali. 

c. Agar tubuh dapat terangkat dengan baik, manfaatkan momentum gaya pada saat memberikan dorongan ke depan. Gerakan guling depan split ini juga dapat di lakukan dengan awalan berdiri.

 


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah 

a. Membuat split kesamping kanan dan kiri tidak boleh ragu.

b. Buka kedua kaki selebar-lebarnya.

c. Selanjutnya, condongkan anggota badan depan ketika guling sudah pada tahap pelaksanaan.

Dengan demikian guling depan kaki split akan mudah dilakukan. Bagi pemula seringkali agak kesulitan melakukan gerakan ini, disebabkan sering melakukan kesalahan pada kedua kaki yang tidak dibuka secara lebar. Hal ini akan mengakibatkan titik berat badan akan berada dibelakang.  Selain itu, faktor kelentukan persendian pangkal kaki juga turut mempengaruhi apakah guling depan kaki split ini mudah atau sulit dilakukan. Oleh sebab itu kelentukan kaki tetap perlu dilatih terlebih dahulu.

4. Guling Lenting

Pengertian guling lenting adalah suatu gerak senam lantai dengan melentingkan badan ke depan atas dengan lemparan kedua kaki dan tolakan kedua tangan. Gerakan ini dapat diawali dengan gerak guling depan dan dilanjutkan dengan melentingkan kedua kaki.

Gerakan guling lenting dapat dilakukan dengan cara:

a. Awalan gerakan, seperti akan melakukan guling depan kaki lurus. Letakkan kedua tangan di matras dan disusul dengan meletakkan tengkuk di matras.

 


b. Selanjutnya melakukan setengah gulingan ke depan. Namun sebelum mengguling kedua kaki siap dilentingkan.

c. Saat kedua kaki melakukan lentingan ke depan, langkah berikutnya adalah badan membentuk posisi kayang. Lentingan ini memiliki tujuan agar dapat membantu memudahkan mengangkat badan bagian atas dan kedua lengan.

d. Posisi akhir dari gerakan guling lenting adalah berdiri tegak kembali. 

Untuk melakukan gerakan guling lenting dengan baik, maka yang perlu dilatih adalah gerakan kayang yang baik dan gerakan bagaimana moment/timing melakukan lentingan kedua kaki secara tepat. Hal ini disebabkan gerakan guling lenting ini adalah gerakan yang sifatnya eksplosif.

5. Senam Alat/perkakas

Pengertian guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang) yang dilakukan di atas peti lompat dengan ketinggian yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan. 

 


 

Gerakan guling lenting di atas peti lompat ini, sebenarnya hampir sama dengan guling lenting di atas matras. Yang membedakan adalah gerakan ini di lakukan di atas peti lompat dengan ketinggian yang dapat di atur. Untuk melakukan gerakan guling lenting di atas peti lompat ini harus dilakukan dengan hati-hati dengan tujuan menghindari terjadinya cedera. Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah:

a. Lakukan guling lenting di atas peti lompat dengan ketinggian mulai dari yang rendah hingga meningkat ke peti lompat yang semakin tinggi. 

b. Tumpuan tangan dan tengkuk cenderung mendekati 1/2 ke arah depan akhir peti lompat, agar kedua kaki dapat leluasa untuk mendarat di matras. Gerakan guling lenting di atas peti lompat ini juga berfungsi untuk melatih meningkatkan keberanian atlit. 

 

 


 

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan diri adalah,

1) pertama, ketika meletakkan kedua telapak tangan di atas matras hendaknya berada di tengah matras. Kesalahan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa adalah meletakkan kedua tangan berada di 1/3 awal peti lompat. Resiko yang terjadi adalah  ketika meletakkan tengkuk tidak menumpu pada matras, namun tengkuk berada sebelum matras sehingga akan terjadi kepala jatuh duluan sebelum dapat mengguling dimatras. 

2) kedua, pada tahap akhiran semestinya hanya mengguling biasa dan membiarkan kedua kaki jatuh dengan wajar dalam posisi berdiri, namun kesalahan yang biasa terjadi adalah ketika gerakan akhir mahasiswa berusaha melakukan gerakan melentingkan badan. Hal ini dapat menimbulkan cedera ketika tumpuan kedua tangan berada di 1/3 awal peti lompat dan ketika melakukan lentingan, badan belakang atau pantat membentur matras diujung peti lompat akhir.

6. Kesalahan Gerak Guling Depan pada Umummya

Kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan gerakan guling depan adalah sebagai berikut.

a. Tidak mengangkat pantat ke atas sehingga kedua lutut tidak lurus. Hal ini menyebabkan titik berat badan cenderung berada di belakang.

b. Tidak mendorong badan ke depan sehingga berat badan masih berada pada kedua kaki dan tidak bergeser ke arah depan. Akibatnya akhiran gerak tidak bertumpu pada kedua kaki, namun masih ditumpu oleh pantat. 

c. Tidak membengkokkan kedua siku ke samping sehingga sulit untuk memasukkan kepala dan tengkuk di antara kedua tangan.

d. Sebelum seluruh tengkuk menyentuh lantai, kedua kaki sudah ditolakkan sehingga tidak berguling tetapi jatuh telentang.

e. Pada saat badan berguling ke depan tidak segera melipat kedua lutut dan tidak membulatkan badan. Akibatnya tumpuan tidak berada di kedua telapak kaki, namun masih berada di

 pantat.

DISKUSI KELOMPOK


A.Memvidiokan

1. Guling Lenting dan Guling Depan Kaki Split Ke Kiri Dan Kanan

2.Guling Depan Kaki di Tekuk

3.Guling Depan Kaki Lurus

B.Menjelaskan mengapa sering terjadi Kesalahan Gerak Guling Depan pada Umummya

SELAMAT BEKERJA

2 komentar:

  1. DEK BACA DAN PAHAMI MATERI PERTEMUAN 4 DAN 5 JUGA YAH...!!!!!!!

    BalasHapus
  2. PARA SISWA-SISWI KLS XI IPA3 MAN 1 MEDAN.
    TUGASNYA DIKIRIM KE EMAIL MISS..
    .....
    amelia.hannum@yahoo.com
    ...

    BalasHapus