Rabu, 27 Juni 2012

PENGERTIAN SENAM LANTAI

cYOK BELAJAR !!!!!!!!!
BATALYON SENAM  SEHAT 
SENAM LANTAI
The study's of session 1
--> -->
Tujuan Pembelajaran :  

           

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. ·         Memahami gerak lompat jongkok pada aktifitas senam lantai
  2. ·         Memahami gerak lompat kangkang pada aktifitas senam lantai
  3. ·         Menganalisis kesalahan yang dilakukan pada gerak lompat jongkok dan lompat kangkang
  4. ·         Memahami cara memperbaik kesalahan yang dilakukan pada gerak lompat jongkok dan lompat kangkang
  5. ·         Mempraktikkan hasil analisis gerak lompat jongkok dan lompat kangkang dalam aktivitas spesifik senam lantai




-->

Masyarakat maju yang kaya dan makmur dengan kenyamanan yang di dukung dengan mesin atau alat-alat otomatis, telah mengalami derita yang diakibatkan dengan kemajuan tersabut. Bakyak ancaman yang di hadapi mereka seperti penyakit yang di akibatkan kurang gerak, sebagai sebagian penyakitnya, timbul penyakit egeneratif, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan lainnya.

  Gejala kemerosotan kebugaran jasmani di kalannggan anak-anak dan remaja di seluruh dunia sudah merupakan gejala umum. Penyebab utamanya adalah mereka kurang aktifbergeerak karena kurangnyawaktu untuk melaksanakan latihan jasmani. Anak-anak begitu asik bermain permaaaainan di komputer, disertai pola makan yang tidak sehat, seperti menyantap makanan yanng siap hidang dimana susunan menunya tidak seimbang, keadaan ini sudah terjadi di Indonesia.

A. SENAM LANTAI

A. Pengertian Senam

Menurut Peter H. Werner (1994) senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan, kelentukan, kelincahan, koordinasi, serta kontrol tubuh .

Definisi formal dari senam, menurut Oxford Dictionaries, adalah "Latihan mengembangkan atau menampilkan kelincahan fisik dan koordinasi. Olahraga modern senam biasanya melibatkan latihan pada bar yang tidak rata, balok keseimbangan, lantai, dan vaulting horse (untuk wanita), dan horisontal bar paralel,cincin,lantai, dan pommel horse (untuk pria)."

Pengertian Senam adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Selain itu, senam juga dapat diartikan sebagai latihan yang diciptakan dengan sengaja, disusun secara sistematis, dan dilakukan secara sadar dengan tujuan untuk membentuk dan mengembangkan pribadi secara sadar, serta membentuk dan mengembangkan pribadi yang harmonis.

Senam adalah olahraga, di mana atlet (disebut pesenam), melakukan prestasi akrobatik-lompatan,membalik, handstand, dan banyak lagi. Sedangkan gerak yang dilakukan di sebuah

alat adalah balok keseimbangan, atau dengan sebuah alat, seperti tali atau pita.

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang memerlukan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.Pengertian senam adalah latihan fisik yang dirancang untuk mengembangkankekuatan dan koordinasi. Olahraga kompetitif di mana individu melakukan pertunjukan akrobatik opsional dan ditentukan sebagian besar pada peralatan khusus untuk menunjukkan kekuatan, keseimbangan, dan kontrol tubuh.

 

Apa yang dimaksud dengan SENAM LANTAI? 

B. Pengertian Senam Lantai

-->

Senam adalah istilah atau nama salah satu caabang olahraga. Sebagai cabang olahraga, senam mempunyai dominan atau daerah batas-batasan sendiri, mempunyai ruang lingkupyang tertentu. Senam terlemahan dari kata ”gymnastiek” (bahasa Belanda), ”gymnastics” (bahasa Inggris), ”thymnastiek” asal kata dari ”gymnos” (bahasa Greka).

Gymnos berarti telanjang, gymnastiek pada zaman kuno me,amg dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Maksutnya agar gerkan dapat dilakukan tnpa gangguan sehingga menjadisempurna. Tempat berlatih senam di zaman yunani Kuno disebut gymnasiumUntuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui ciri-ciri dan kidaaah-kaidahnya antara lain:

1.                  Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau di ciptakan dengan sengaja.Gerakan-geerakannya harus selalu berguna untuk menyampai tujuan tertentu (meningkatkan kelenyukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah keterampilan, menambah keindahan gerak, meningkatkan keindahan tubuh). Gerakan harus selalu tersusun dan sistimatis’ Berdasar pengertian di atas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana,disusun dengan sistimatis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonnnnnis.

  Pengertian Senam Latai Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbliSenam lantai merupakan salah satu rumpun dari senam.

  Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Unsur- unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, melonc berputar di udara,menumpu dengan tangan atau kakiuntuk memperthankan sikap seimbang atau dan putri adalah sama, hanya unuk putri anyak unsur gerak balet. Jenis senam juga di sebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus.

Sebuah acara di kompetisi senam yang terdiri dari berbagai ketrampilan gerak (seperti melompat, jungkir balik, dan handstands) dilakukan tanpa alat. Sebuah acara senam kompetitif dimana masing-masing peserta melakukan rutinitas prestasi akrobatik dan gerakan balistik tanpa menggunakan peralatan apapun .

Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras, unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan, atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. Bila pesenam membawa alat berupa bola, pita, atau alat lain, itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan, ketrampilan, dan keseimbangan. Senam lantai dilakukan diatas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.

Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan, sedang,berat,dan akrobatik, serta mengandung gerakan ketangkasan, keseimbangan, keluwesan, dll. Pesenam pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi musik dalam waktu 90 detik. Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang kurangnya 2 detik.

Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu. Pesenam tidak boleh menggunakan alat atau suatu benda. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 meter, dan area 1 meter untuk menjaga keamanan. Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, maka gerakan-gerakan/bentuk pembelajarannya dilakukan di lantai. Jadi lantai/matraslah yang merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas. Tujuan melakukan senam lantai selain untuk meningkatkan kemampuan melakukan bentuk-bentuk gerakan senam lantai sendiri juga sebagai pembelajaran pembentukan kemampuan untuk melakukan gerakan senam dengan alat.

C. SARANA dan PRASARANA SENAM LANTAI

Sarana dan prasarana

  olahraga merupakan modal utama dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga, melalui peningkatan ketersediaan fasilitas olahraga yang berkualitas baik dan memadai dalam artian harus di sesuaikan dengan standart keutuhan ruang perorangan. Sarana dan prasarana olahraga adalah daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jeperalatan dan tempat berbentuk bangunan yang di gunakan dalam memenuhi prasaratan yang di tetapkan untuk pelaksanaan program olahraga.

  Fungsi sarana dan prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan suatu kegiatan terutama dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan tempat olahraga dengan benar. Dalam membuat perencanan penyediaan sarana dan prasarana harus memperhatikan 3 faktor penting di antaranya:

  a. Kuantitas prasarana olahraga Untuk menampung kegiatan perlu dibutuhkan prasarana olahraga yang jumlahnya mencukupi sesuai kebutuhan. Di dalam gegiatan senam lantai di perlukan gedung atau gor olahraga yang luas.

  b. Kualitas sarana olahraga Guna menampung kegiatan olahraga berprestasi maka di perlukan kualitas yang sesuai dengan syarat dan ketentuan masing- masing cabang olahraga. Dalam cabang olahraga senam lantai diperlukan matras yang luasnya 12 x 12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.

      c.    Memenuhi standart internasional

Kualitas bahan dan material harus memenuhi syarat internasional  Untuk menujang faktor diatas perlukan dana yang cukup besar sehinggadapat disiapkan prasarana yang mencinimnya dana akan menyebabkan kurangnya kemampuan unit kerja terkait untuk mefasilitasi kegiatan olahraga

 

  Peniningkatan keadaan sarana dan prasarana dapat dilakukan dengan:

1. Peningkatan persediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

2. Peningkatan anggaran dana dibidang olahraga dalam kaitannya untuk pengadaan sarana dan prasarana.

3. Peningkatan minat terhadap kegiatan olahraga


 D.GERAKAN DASAR SENAM LANTAI

  Sebelum mempelajari gerakan dasar diperlukan pembinaan dan pembentukan fisik yang teratur, hal ini perlu karena adanya fisik yang sudah terbentuk akan memudahkan dalam mempelajari gerakan-garakan dasar.

Beberapa contoh gerakan dasar senam lantai :

1. Roll depan Yang dimaksud roll depan ialah gerakan badan berguling ke arah depan melalui bagian belakang badan (tengkuk), pinggul, pinggang, dan panggul bagian belakang.

2. Sikap permulaan jonngkok, pantat agak tinggi, kedua lengan lurus ke depan.

3. Luruskan tungkai badan condong kedepan, tangan menumpu pada matras selebar bahu, tarik dagu ke dada, tengkkuk pada matras.

4. Saat punggung menginai matras, bongkokkan tungkai, tarik paha kke dada, tangan menolak, gerakan engguling di truskan hinnngga berakhir pada sikap jongkok, tangan melekat pada tulang kering atau tangan lurus dengan pandangan lurus ke depan.

  a. teknik kayang Kayang ialah suatu bentuk sikap badan terlentang yanng membusur, bertupu pada kedua kaki dan kedua tangan siku-siku dan lutut lurus.

  Dapat dilakuan dengan cara sebagai berikkut :

 1) Sikap berdiri tegak, kedua kaki agak terbuka, kedua tanngan lurus hingga kedua tangan mendarat ke lantai

3) Sikap lilin

4) Posisi tidur telentang.

5) Ke 2 tangan ditekuk dekat sisi telinga

6) Angkat ke 2 kaki (rapat) lurus keatas dengan tangan menopang pinggang.

 

  1. Meroda Gerakan meroda merupakan gerakan memutar badan dengan sikap menyamping arah gerakan dan tumpuan bert badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki. Cara melakukan 

  1) Berdiri dengan sikap tegak dan posisi tangan berada disamping

  2. Lalu perlahan angkat tangan ke atas dengan sikap menyerupai huruf ”V”

  3. Lalu putar kedua tangan kebelakang dengan diikuti kaki kanan/kiri melangkah ke depan lalu                    diikuti dengan kaki kiri/kanan sebagai hentakannya

  4. Lalu letakkan tangan kanan lalu tangan kiri/tangan kiri lalu tangan kanan pada matras

  5. Pada saat memutar kedua kaki harus lurus agar mendapat posisi yang maksimal

  6. Saat sudah memutar posisi badan menghadap kesamping lalu putar kaki supaya bisa menghadap             ke depan dan pandangan matapun harus menghadap ke depan

 Profiller Cara melakukan :

  1. Kaki kanan lurus ke samping kanan dengan ujung kaki kanan lurus

  2. Kaki kiri ditekuk seperti posisi jongkok

  3. Kedua tangan menyentuh matras yang letaknya tepat ditengah-tengah kaki yang ditekuk dan                 yang diselonjorkan

  4. Putar kaki kanan ke arah dalam hingga melewati kaki kiri yang ditekuk kedua tangan agar kaki             kanan dapat berputar kebelakang melewati kaki kiri lalu kemudian kembali ke posisi awal

  

-->
DISKUSI KELOMPOK
-->
-->

 1. Apa pengertian senam dan senam lantai ?

 2. Apa saja sarana dan prasarana senam lantai ?

 3. Bagaimana gerakan dasar senam lantai ?

 4. Apa saja modifikasi permainan senam lantai ?








S

4 komentar: